PGRI dan Sejarah Perjuangan Guru

"Terimakasihku ku ucapkan ,untuk guruku yang tulus .Ilmu yang berguna dan nasihat yang bermanfaat ,untuk bekalku nanti,agar tumbuhlah bakatku ' kan kuingat selalu nasihatmu ,terima kasih ku ucapkan Guruku "
PGRI dan Sejarah Perjuangan Guru
PGRI dan Sejarah Perjuangan Guru

Sejarah Guru indonesia berkaitan erat dengan organisasi guru yang terus berkembang. Pada mulanya organisasi guru sebelum kemerdekaan indonesia terjadi, bernama Persatuan Guru Hindia Belanda ( PGHB ). Organisasi perjuangan guru-guru pribumi pada zaman belanda ini berdiri tahun 1912. Lambat laun melalui proses dan semangat perjuangan kemerdekaan, nama organisasi guru di ganti namanya menjadi Persatuan Guru  Indonesia ( PGI ) pada tahun 1932. Perubahan nama organisasi Guru dengan penegasan " Indonesia " 

Setelah proklamsi kemerdekaan indonesia dideklarasikan , para guru Indonesia kemudian membangun kembali semangat dan persatuan guru di indonesia hasilnya adalah terlaksananya kongres Guru indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 24-25 November di surakarta . kongres ini menyepakati bahwa segala organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan ,Lingkungan pekerjaan , Lingkungan daerah ,Politik , Agama dan Suku  sepakat dihapuskan . pada kongres ini nama organisasi Persatuan Guru  Indonesia ( PGI ) berubah nama menjadi untuk yang ketiga kalinya menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia ( PGRI ) .

PGRI lahir pada tanggal 25 November 1945 , ketika itu hampir 90% orang indonesia belum bisa baca tulis ,Para Guru turun tangan berantas buta huruf , Mereka adalah guru-guru yang aktif dalam mengajar, pensiunan yang aktif berjuang dan pegawai pendidikan Republik Indonesia yang baru di bentuk, Mereka bersatu untuk negara kesatuan republik indonesia.

Pasca Kongres Guru Indonesia , semua Guru Indonesia menyatakan dirinya bersatu di dalam organisasi Perastuan Guru Republik Indonesia ( PGRI ), kemudian sebagai bentuk penghormatan kepada guru , pemerintah Republik indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994 , menetapkan hari lahir PGRI tanggal 25 November sebagai hari Guru nasional , dan diperingati setiap tahun di seluruh Indonesia.

Pada saat ini kondisi Guru sudah mengalami kemajuan yang pesat di bandingkan dengan era Pra-Reformasi , namun Demikian ,belum semua guru tersejahterakan secara merata . Terutama para Guru yang ada di Daerah-daerah  atau pelosok negeri. Pemerintah sendiri berupaya meningkatkan status baik secara ekonomi maupun penghormatan bagi para Guru Indonesia , Status Guru negeri dan honorer juga menambah panjang persoalan -persoalan seputar guru di indonesia saat ini . kedepan Pemerintah harus berupaya lebih baik untuk mensejahterakan para Guru di negeri ini , mengingat besarnya jasa yang di berikan Guru kepada anak bangsa. 


Sumber : Kompasiana.com
thank you for visitor , may be useful to you all

[Download Juga File - File Penting lainnya di bawah ini]

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "PGRI dan Sejarah Perjuangan Guru"

    Post a Comment