Aplikasi KKM Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Dasar

Di rapor kita akan menemui adanya KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang akan bersandingan dengan nilai yang diperoleh siswa. Permasalahannya adalah ternyata nilai KKM ini kurang disosialisasikan kepada berbagai elemen pendidikan, sehingga hanya sebagian saja yang benar-benar memahami arti dari KKM itu sendiri. Kepala Sekolah dan Guru saja ternyata banyak yang belum faham apa itu KKM. Apalagi jika kita tanyakan pada orang tua siswa, lebih banyak lagi pastinya yang tak tahu menahu.

Definisi dari KKM adalah acuan atau pedoman dasar dalam menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0 s.d. 100. Nilai KKM ini nantinya akan bersanding dengan nilai akhir semester siswa pada rapor. Bagaimana KKM dibuat? KKM dibuat dengan cara menghitung yang tentunya tidak mudah namun juga tidak terlalu sulit jika kita mengetahui rambu-rambunya. Nilai KKM diambil dari penilaian terhadap kompleksitas materi, daya dukung pembelajaran, serta intake (kemampuan) siswa. Kesemuanya diramu dari tingkat indikator, kompetensi dasar, standar kompetensi, hingga jadilah KKM mata pelajaran yang tertera di rapor siswa.
Aplikasi KKM Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Dasar

Perhitungan KKM haruslah benar-benar objektif sesuai dengan kondisi pembelajaran di sekolah karena KKM juga berkaitan dengan standar evaluasi yang digunakan. tak bisa KKM didapat dengan cara ditebak, sesuai kehendak guru, atau atas dasar permintaan Kepala Sekolah. Misalkan karena sekolahnya favorit maka KKM-nya harus diatas 80 pada setiap mata pelajaran. Padahal secara penilaian sesungguhnya (perhitungan) bisa saja tidak sampai 80. Misalnya mungkin kompleksitas materi yang dipelajari dianggap sangat mudah sehingga diperkirakan siswa dapat mencapai nilai di atas 80. Namun pada kenyataannya daya dukung serta intake siswa tak sesuai untuk mencapai nilai 80 sehingga wajar jika ternyata KKM yang di "tebak" ini akan menyulitkan siswa untuk mencapai nilai minimal. Contoh lain adalah di sekolah favorit yang merasa daya dukung dari segi sarana dan prasarana dianggap memadai untuk nilai KKM sebesar 85. Namun ternyata pada semester tersebut kompleksitas materi yang dipelajari sangat tinggi. Apalagi di tambah adanya guru yang tidak kompeten. Jadilah siswa pun kesulitan mencapai nilai KKM tersebut.

KKM yang asal 'tembak' atau tidak dengan cara dihitung bisa disebabkan oleh dua faktor. Pertama, Kepala Sekolah dan/atau Guru enggan melakukan proses perhitungan KKM dikarenakan akan menambah pekerjaan baru disela-sela pekerjaan mereka. Kedua, Kepala Sekolah dan/atau Guru itu sendiri tak memahami cara menghitung KKM. Manakala guru tak faham KKM, maka akan timbul berbagai masalah terkait KKM.

Dalam hal membantu dalam penyusunan Kriteria Ketuntasan Minimal Kurikulum 2013 (K13) admin memberikan berupa aplikasi excel Aplikasi KKM Kurikulum 2013 SD Kelas 1, 2 ,4 dan 5, yang baru hasil revisi kurikulum yang telah berjalan menghadirkan format atau contoh KKM Baru KKM 2013 Terbaru hasil revisi perubahan Kurikulum 2013 kami sedikit sediakan contoh KKM Kurikulum 2013 yang terbaru untuk SD akan admin posting selanjutnya, Aplikasi KKM Kurikulum 2013 ini memiliki muatan yang berbeda pada sebelum-sebelumnya, adalah sebagai berikut:
1. KI
2. KD
3. Indikator Pencapaian Kompetensi
4. Kriteria Penentuan KKM
    a. Kompleksitas
    b. Daya Dukung
    c. Intake Siswa
5. Hasil KKM Dalam Aspek
    a. Sikap
    b. Keterampilan
    c. Pengetahuan
Untuk menghitung dan menyusun KKM sebagai Berikut:
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menentukan KKM adalah sebagai
berikut:
1. Hitung jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran setiap kelas.
2. Tentukan kekuatan/nilai untuk setiap aspek/komponen, sesuaikan dengan kemampuan masing-masing aspek:
3. Jumlahkan nilai setiap komponen, selanjutnya dibagi 3 untuk menentukan KKM setiap KD!
4. Jumlahkan seluruh KKM KD, selanjutnya dibagi dengan jumlah KD untuk menentukan KKM mata pelajaran!

5. KKM setiap mata pelajaran pada setiap kelas tidak sama tergantung pada kompleksitas KD, daya dukung, dan potensi siswa


[Download Juga File - File Penting lainnya di bawah ini]

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Aplikasi KKM Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Dasar"

    Post a Comment